• djogzs
    Terima kasih sudah berkunjung-xD

Fenomena 4 Matahari Muncul Bersamaan Di China

Rabu, 25 Agustus 2010
asaMelalui Blackberry Messenger kemarin diedarkan sebuah video yang berisi adanya fenomena munculnya 4 matahari di China. Blogosfer sudah sejak beberapa hari sebelumnya diramaikan oleh video ini. Apabila Kawan-Kawan ingin melihatnya, silakan ke Youtube.
Di sebuah forum disebutkan bahwa akhir zaman sudah dekat! Munculnya matahari sebanyak 4 buah secara bersamaan itu dikatakan sebagai tanda-tanda bahwa kiamat akan segera terjadi. Padahal, salah satu tanda akan datangnya hari kiamat yang berhubungan dengan matahari adalah apabila matahari terbit dari barat, bukan mathari muncul sebanyak 4 buah.

Sundog
Fenomena munculnya 4 matahari secara bersamaan di langit Laiyang, China itu bisa dijelaskan sebagai fenomena sundog. Sundog atau nama ilmiahnya parhelion (bentuk jamak dari parhelia) yang berarti “di sebelah matahari”. Sundog adalah penomena atmosferik yang menghasilkan titik terang cahaya di langit. Sering berupa cincin yang melingkari atau berada di sisi matahari. Fenomena ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya.

Sundogs dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin atau, pada saat cuaca sangat dingin, oleh kristal es yang disebut debu berlian yang melayang di udara pada tingkat yang rendah. Kristal ini bertindak sebagai prisma, membelokkan sinar cahaya melewati mereka dengan sudut 22 °. Apabila kristal-kristal berorientasi secara acak, sebuah cincin lengkap mengelilingi matahari akan terlihat – yaitu sebuah halo. Namun seringkali kristal-kristal tenggelam di dalam udara menjadi vertikal selaras sehingga sinar matahari dibiaskan horizontal – dalam hal ini, sundogs terlihat.
sundog8_640x480.jpg
800px-Sundogs_-_New_Ulm.JPG
Gambar sundog yang lain dapat dilihat di Klik sini

Nah, jangan langsung percaya pada apa yang dikatakan orang. Di zaman internet seperti sekarang ini, kita tentu bisa mendapatkan informasi yang lebih terpercaya mengenai hal-hal yang terjadi di jagad raya ini karena bisa jadi jawabannya suda ada di dalam ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tampa Komentar Anda Nampaknya Belum Memuaskan Saia...
Komentar Jika Anda Ingin Meluntarkan Sesuatu Yang ada di Posting Ini :)

---> Mau yang seru , menarik , hot , dan terheboh , semua hanya ada di sini <---

Total Pageviews